SITUS CANDI LARAS

Candi Laras adalah sebuah candi dengan areal seluas sekitar 3 Ha, sebuah tempat pemujaan agama Syiwa yang jadi agama utama pada masa itu, terletak dipinggir sungai Margasari (jaman itu bernama sungai Parit Basar). Ketika Raden Sekar Sungsang turun iari tahta kerajaan Negara Daha 1480 M, putra tertuanya bernama Raden Sukarama naik menjadi raja.Raja Sukarama menganut paham agama Hindu. Candi Laras mulai ditinggalkan sebagai tempat peribadatan agama Syiwa dan mulai tidak terurus karena banyak masyarakat pindah ke agama baru yang dibawa pedagang Melayu dan Arab yaitu Agama Islam. Lama kelamaan Candi Laras yang tidak terurus semakin mengalami kerusakan parah oleh kondisi alam.

Mitos dan kepercayaan masyarakat saja yang masih melekat, sehingga masih ada peziarah dalam rangka menunaikan hajat atas nazar mereka.

Bukti kesejarahan Situs Candi Laras, beberapa diantaranya tersimpan di Museum Negeri Lambung Mangkurat, Banjarbaru seperti; Area Syiwa, Keramik-keramik Kuno, Batu Prasasti dan Area Ganesha.