Kabupaten Banjar

Martapura dengan luas ± 4.688 km2 adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, Martapura adalah ibukota kabupaten Banjar yang terdiri atas kecamatan Martapura, Martapura Barat dan Martapura Timur.

Julukan Kota Martapura sebagai kota Intan merupakan kebanggan tersendiri bagi para masyarakat dan pemerintah daerah kabupaten Banjar. Bercermin pada perjalanan sejarah perkembangan kota Martapura yang juga merupakan ibu kota kabupaten Banjar sangatlah beralasan.

Hal ini dapat dibuktikan sejak tahun 1950 sampai dengan sekarang banyak para pedagang intan tradisional melakukan kegiatan dagang dan transaksinya di kota ini. Batu mulia, seperti intan dan permata adalah ias khas Martapura.

Oleh sebab itu, kota ini sering dikunjungi wisatawan karena merupakan pusat transaksi penjualan intan dan tempat penggosokan intan utama di Kalimantan, serta menyediakan banyak cinderamata batu mulia.

Kabupaten Banjar dengan jumlah penduduk 506.204 jiwa, dengan jarak 40 kilometer dari Kota Banjarmasin, memakan waktu sekitar 1 jam untuk menuju kesana. Martapura dikenal sebagai Kota Serambi Mekah nya Kalimantan Selatan, dengan Pesantren Darussalam yang banyak melahirkan ustad-ustad terkenal. Martapura juga memiliki masjid besar “A1 Karomah” dan kota penghasil batu permata terbesar. Martapura tercatat dengan cerita-cerita tentang penemuan batupermata dalam ukuran besar, yang terjadi pada tahun 1965yang diberi namaTrisaktidengan ukuran 33 karat.Baru-baru ini juga telah ditemukan batu permata yang berwarna abu-abu dengan ukuran 15 karat yang diberi nama Putrimalu.

Places in Kabupaten Banjar

Find More  

Information

Find More  

Articles

Find More  

Festival Loksado 2017

Rafting di Loksado terbilang unik karena tidak menggunakan perahu karet seperti biasanya melainkan menaiki sebuah rakit bambu yang disebut balanting paring. Rakit bambu yang biasanya berjumlah 16 batang tersebut berukuran panjang 5 meter dan lebar 1 meter. Rakit bambu tersebut dibuat mendadak dan tak bisa dipakai lebih dari satu kali karena jika sudah tiba di hilir maka tidak memungkinkan lagi …

Continue reading  

Surat Keputusan Dewan Juri Lomba Logo Branding Pariwisata Kalimantan Selatan 2017

SURAT KEPUTUSAN DEWAN JURI LOMBA LOGO BRANDING PARIWISATA KALIMANTAN SELATAN TAHUN 2017 Nomor:  01/JURI/LLBPKS/2017 TENTANG JUARA LOMBA LOGO BRANDING PARIWISATA KALIMANTAN SELATAN TAHUN 2017   Mengingat : Surat Keputusan Panitia Lomba Logo Branding Pariwisata Kalimantan Selatan Tahun 2017. Kesepakatan Dewan Juri Lomba Logo Branding Pariwisata Kalimantan Selatan Tahun 2017. Menimbang : Perlu adanya Surat Keputusan Dewan Juri Lomba Logo Branding …

Continue reading  

Pemilihan Puteri Indonesia 2018 Se Kalimantan

PERSYARATAN PESERTA : WARGA NEGARA INDONESIA, BERUSIA 18-25 TH (MAX 25 DI BULAN FEBRUARI 2018) BELUM MENIKAH, MAHASISWI/KARYAWATI DENGAN TINGGI BADAN MINIMUM 170 CM PESERTA DAERAH HARUS BERDOMISILI ATAU BERASAL DARI DAERAH YANG DIWAKILINYA MEMILIKI PENGETAHUAN UMUM DAN BERWAWASAN LUAS TENTANG PARIWISATA DAN KEBUDAYAAN INDONESIA SERTA LINGKUNGAN HIDUP BERPENAMPILAN MENARIK/CANTIK CERDAS DAN BERKEPRIBADIAN MAMPU BERKOMUNIKASI DALAM BAHASA ASING, AKAN MEMBERIKAN …

Continue reading  
%d blogger menyukai ini: