Pasar Terapung

Pasar Terapung (Floating Market) adalah aktifitas jual beli masyarakat di atas sungai dimana mereka menjual barang dagangannya di atas perahu menunggu pembeli yang menggunakan perahu juga. Jadi transaksi antara penjual dengan pembelinya berlangsung di atas perahu masing-masing.

Kegiatan di pasar ini rnulai berlangsung pada pukul 05.00 WITA. Suasana semarak dan menarik karena dalam keremangan cahaya matahari pagi yang mulai muncul, masyarakat menggunakan lampu tembok / petromak untuk penerangan, dan pasar mulai lengang setelah jam 10.00 WITA.
Di pasar ini pengunjung dapat merasakan langsung bertransaksi atau menikmati makanan khas Banjar (kue-kue atau makanan iainnya) sambil digoyang oleh ombak air sungai, dan juga senggolan perahu-perahu yang lewat dalam keramaian pasar tersebut. Apabila pembeli ingin membeli sesuatu, memanggil perahu si penjual yang kemudian mendekatkan perahunya kearah si pembeli. Proses mengambil barang dagangan yang dibeli seperti kue-kue sangat unik yakni dengan cara ditusuk menggunakan alat khusus yang terbuat dari sebatang kayu kecil dengan paku diujungnya untuk menusuk kue tersebut.