Pagelaran Tradisi Manopeng

Minggu, 7 Oktober 2018 Pukul 20.00 s.d Selesai Jl. Ampera RT 13 Desa Banyiur Luar Kota Banjarmasin

Pemerintah Kota Banjarmasin melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Banjarmasin akan menyelenggarakan kegiatan Pergelaran Tradisi Manopeng. kegiatan ini akan menampilkan pentas tari topeng yang menjadi tradisi turun menurun di Banyiur Luar.

Tarian ini adalah merupakan tari tradisi Dayak Bakumpai (Kalimantan Selatan) yang dimana biasanya ditarikan pada upacara adat Batopeng Bawayang untuk menolak bala (babarasih kampung). biasanya dimainkan dalam bentuk teater cerita rakyat sekaligus untuk pengobatan bagi mereka yang sakit karena diganggu oleh roh halus akibat lupa dengan leluhurnya atau mereka sakit karena menolak menjadi seorang pardewa (orang yang bisa mengobati penyakit).

Dalam ritual adat tersebut, setiap penarinya haruslah memiliki garis keturunan penari Pantul. tarian yang kental dengan unsur magis ini, dimanfaatkan masyarakat Dayak Bakumpai sebagai media pengobatan, penyakit kejiwaan, guna-guna, dan lain sebagainya.

Dalam perkembangannya tarian Manopeng menjadi upacara syukuran yang diadakan turun-temurun sejak lama bertujuan meluapkan rasa syukur hasil panen oleh masyarakat setempat kepada yang Maha Kuasa sekaligus sebagai tolak bala terhadap hal-hal buruk yang akan terjadi.

Adapun Tarian Manopeng yang dilaksanakan di Banjarmasin selama ini dilakukan oleh sebuah keluarga juriat kakek Samudra atau kakek Ara di desa Banyiur Luas, Kelurahan Basirih setiap Bulan Muharram.

Untuk Tahun 2018 ini, Pemko Banjarmasin melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata membantu pelaksanaan kegiatan pagelaran tari ini, Diharapkan, tari Manopeng bukan hanya sebagai sebuah tradisi, tetapi juga menjadi salah satu Objek Wisata Budaya Kota Banjarmasin.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>